Senin, 07 Desember 2015

TAMAN VERTIKAL ATAU VERTICAL GARDEN

TAMAN VERTIKAL DI INDONESIA MULAI MENJADI BAGIAN DARI TREND GAYA HIDUP.

Taman Vertikal Garden 

Lahan hunian yang terbatas tenyata tak menjadi penghalang  menciptakan area hijau yang menciptakan hunian tampak asri dan nyaman. Memaksimalkan area sempit pada pada rumah ternyata dapat disiasati dengan TAMAN VERTIKAL  untuk tanaman  dinding  yang minimalis.

taman vertikal garden outdoor gedung
Taman vertikal garden 

Taman Vertikal di Indonesia


Funsi  taman vertikal, vertical garden  atau taman dinding di Indonesia amatlah penting  bukan saja hannya mengisi ruang kosong namun dalam sebuah gedung serta  hunian taman  vertikal atau vertical garden berfungsi untuk menyaring debu dan memberikan sirkulasi udara yang segar bagi penduduk perkotaan seperti jakarta yang polusinya sudah sangat parah dikarenan makin sedikit ruah terbuka hijau. Oleh karena itu kini berbagai cara dilakukan untuk membuat tanaman dinding dan  taman vertikal atau vertical garden   diberbagai areal bahkan diareal yang sangat sempit dan terbatas. Salah satunya adalah membuat taman vertikal  atau vertical garden.


Taman Dinding atau Taman vertical  atau Vertikal Garden  diperkenalkan pertama kali 1994 oleh Patrick Blanc warga negara Perancis. Blanc berpendapat bahwa pada taman vertical atau vertical garden tidak semua tumbuhan membutuhkan tanah. Dengan pengaturan dan penanganan khusus  taman vertikal dapat menjelma memjadi indah dan taman vertical atau taman vertical  menjadi kebun disebuah bangunan.  Kelebihan dari taman vertical  atau vertical garden selain tidak membutuhkan lahan yang luas juga dapat menurunkan suhu udara  sehingga mampu menyejukan areal bangunan.

Taman Vertical atau Vertical garden adalah taman tanaman dinding yang dibangun secara tegak lurus (vertikal). Taman ini juga sering disebut taman dinding, green wall, vertical landscape, living wall, dan sebagainya. Sederhananya, taman vertikal atau taman dinding berbeda dengan taman horizontal yang kita kenal selama ini, karena ditanam secara tegak lurus atau vertikal.


Ada dua jenis penanaman Taman vertical atau  Vertical Garden  yaitu :



1. GREEN FACADES VERTIKAL GARDEN :  Adalah Sistem Taman Vertikal  atau Vertikal Garden  dengan penggunaan  tanaman merambat dinding tembok  yang ditujukan untuk menutupi struktur bangunan tembok  tertentu dengan  tanaman merambat dinding


2. LIVING WALL / BIO WALL VERTIKAL GARDEN  :  Adalah system media tanam taman vertical atau vertical garden yang memberikan media tanam pada dinding yang akan dipakai sebagai media tanam.


Media Tanam

1. Media tanam dinding  pada taman vertical atau vertical garden umumnya bukan media tanah melainkan   dengan bahan yang menyerupai karpet kain yang dibiasanya digunakan untuk meredam suara di studio musik.    

Karpet media Taman vertikal 


2. Media taman dinding vertical atau vertical garden disebut Rockbull yaitu bahan berbentuk lembaran yang bersifat menyerap air dengan ketebalan sekitar 7 centimenter.

Ijuk Media Taman Vertikal


3. Genting dan Ijuk pun dapat di gunakan sebagai media tanam tanaman vertikal atau vertical garden.Untuk genting caranya pun sangat mudah anda hanya perlu menaruh di posisi dengan kemiringan 45.derajat, kemudian kita bisa mengisi ruang dalam genting  dengan sekam, pupuk dan tanaman. Genting pada taman vertikal atau vertical garden yang digunaka tipe berbentuk V atau genting yang biasa digunakan bagian dari sudut paling atas.

4. Memanfaatkan bahan bekas seperti botol plastik air mineral atau minuman 1 liter juga dapat dimanfaatkan untuk taman vertikal atau vertical garden. Botol tersebut adalah cara membuat taman vertikal murah dirumah anda. Taman vertikal sederhana ini praktis juga menjadi model rak tanaman dinding tembok untuk tanaman vertikal. ini juga suatu cara membuat tanaman vertikal minimalis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan praktis

Botol Plastik Bekas  Media Sebagi Media Taman Vertikal

5. Pipa peralon juga bisa digunakan untuk media taman vertical atau vertical garden. cara membuat taman vertikal dengan pipa peralon sangat mudah anda dapat melubanginya bagian memanjang dengan jarak yang anda dapat sesuaikan sendiri. Lubangi bagian bawah dengan bor agar air dapat keluar.

6. Bambu, Kayupun bisa di jadikan sebagai media tanam juga. Menjadi pilihan membuat taman tanaman dinding vertikal minimalis dirumah. Selain mudah didapat terkadang menjadi bahan yang terlihat tidak terpakai sehingga anda dapat memanfaatkanya sebagai taman vertikal rumah anda.Membuat taman ditembok dengan menggantukan sistem taman vertikal diatas manambah manis serta asri dan sejuk.

Pohon untuk Tanaman Vertikal  

Tidak semua tanaman dapat ditanam dengan system taman vertikal atau  vertical garden , biasanya jenis tanaman taman vertical atau vertical garden menggunakan tanaman dollar plant, daun sirih belanda,  ficus repens  dan lain lain contoh tanaman  tersebut yang biasa dipakai pada  system taman vertical  atau vertical garden atau tanam tegak . Tanaman jenis ini di gunakan dalam  taman vertical m vertical garden dikarenakan dapat tumbuh merambat keatas kesamping dan kebawah. Sedangkan tanaman taman vertical seperti dan lainya sering dipakai untuk vertikal garden sistem  Living  Wall  karena tanaman tersebut cocok untuk system taman vertikal atau vertical garden tersebut disebabkan bobot tanaman yang tidak terlalu berat dan tumbuhnya tidak terlalu tinggi. Pohon atau tanaman berdaun merah, bergaris, kuping gajah, tanduk rusa,lili paris,criptanthus,sirih merah, kucai. Jika anda ingin membuat taman vertikal atau vertical garden sendiri anda dapat memulai dari taman vertikal  sederhana atau  vertical garden yang paling sederhana murah dan gampang dengan memanfaatkan barang barang bekas dirumah. Semuannya tergantung dari anda intinya taman vertikal atau vertical garden juga dapat menggunakan ruang sempit  kosong,  tembok vertikal dirumah sebagai media tanaman sehingga mengurangi hawa panas dirumah anda dan terlihat asri sejuk dan nyaman selamat mencoba.


Untuk Konsultan Profesional silahkan hubungi alamat dan telepon  diatas untuk konsultasi gratis via email, atau Whatsapp.

 Gambar Gratis di disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar